ini dia makanan sehat pengganti nasi untuk penderita diabetes militus

Buat orang Indonesia, nasi adalah panganan inti yang tidak dapat dicoret dari menu makanan keseharian. Walau sebenarnya, kandungan indeks glikemik (IG) yang terdapat dalam nasi cukuplah tinggi, lho, yakni seputar 88 – 89. Nah, kandungan IG yang tinggi ini nyatanya bisa meningkatkan kandungan gula darah. Oleh karena itu, beberapa pasien diabetes tidak disarankan untuk sangat sering konsumsi nasi.

Lantas, sumber karbohidrat tidak hanya nasi yang bisa dikonsumsi oleh Anda yang menanggung derita diabetes? Tenang, banyak jalan ke arah roma, beberapa pilihan karbohidrat tidak hanya nasi biasa. Ingin tahu? Yuk, cek rincian selengkapnya di bawah ini:

  • Kentang

Kentang mempunyai jumlahnya karbohidrat yang lebih dikit dibanding nasi putih. Diluar itu, umbi batang yang satu ini pula memiliki kandungan vitamin B6, B1, B3, B5, C, kalium, fosfor, mangan, magnesium, serta zat besi yang bagus untuk badan sebab bermanfaat untuk membuat sel darah merah sekaligus juga menahan anemia. Buat Anda pasien diabetes, mengkonsumsi kentang untuk ganti nasi dianjurkan karena bisa mengawasi kesehatan jantung, otot, serta saraf; dan mengurus kandungan gula badan. Hebat, kan?

  • Gandum/Oat

Gandum diketahui mempunyai jumlahnya karbohidrat yang lebih rendah dibanding nasi. Diluar itu, gandum pun populer akan kandungan lemaknya yang rendah, akan tetapi tinggi akan protein serta serat. Nah, salah satunya type gandum yang popular dikonsumsi ialah oat. Inilah faedah oat yang perlu Anda kenali:

Memiliki kandungan serat larut yang tinggi hingga dapat turunkan kandungan kolestrol serta mengatur berat tubuh.

Memiliki kandungan avenanthramide, yaituantioksidan yang dapat kurangi kolestrol jelek serta kemungkinan penyakit jantung.

Memiliki kandungan serat yang berperan menjagakadar gula darah masih konstan. Diluar itu, serat pun dapat menahan timbulnya penyakit kanker.

Memiliki kandungan beta-glukan yang mampumeningkatkan skema imun.

  • Jagung

Di sejumlah lokasi Indonesia, seperti Sulawesi serta Nusa Tenggara, jagung lebih umum dikonsumsi menjadi makanan inti di banding nasi. Tidaklah heran, karena tidak hanya rendah kalori, jagung pun memiliki kandungan beberapa type vitamin B, seperti B1, B3, B5, serta B9 atau folat. Diluar itu, jagung pun mempunyai IG yang lebih rendah di banding nasi putih, yakni cuma sebesar 56. Punya niat ganti nasi dengan jagung? Yuk, ketahui beberapa faedah jagung buat badan!

Kandungan seratnyadapat menahan penyakit wasir serta kanker usus.

Mempunyai kandungan tiamin serta niacin yang bisa mengawasi sel saraf.

Memiliki kandungan vitamin E yang bisa membuat perlindungan badan dari penyakit.

Mineral serta fosfor yang bisa mengawasi kesehatan tulang serta ginjal.

Memiliki kandungan anti-oksidan yang dapat menahan kanker.

Mengawasi jantungdan kandungan kolestrol, dan menahan anemia.

  • Nasi merah

Anda tentunya seringkali dengar jika mengkonsumsi nasi merah lebih baik di banding nasi putih sebab kandungan karbohidratnya yang lebih rendah. Lantas, amankah nasi merah dikonsumsi oleh beberapa pasien diabetes? Tenang! Faktanya, nasi merah mempunyai IG sekitar 50 hingga aman untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes.

  • Ubi

Ubi memiliki kandungan karbohidrat sekitar 20,1 gr/100 gr sajiannya. Diluar itu, kandungan vitamin A, B1,B5, B6, mangan, magnesium, fosfor, serta kalium di dalamnya begitu bagus untuk kesehatan badan serta bisa membuat Anda kenyang lebih lama.
Pilihan sumber karbohidrat yang lebih sehat dibanding nasi serta kentang
Walau nasi putih mempunyai nilai IG yang cukup tinggi, Anda tidak mesti betul-betul pantang makan nasi bila miliki diabetes. Tidak hanya mesti memperhatikan porsinya (baca sedetailnya di ketentuan makan nasi untuk pasien diabetes), type beras pun nyatanya terpenting untuk dilihat jika Anda masih ingin makan nasi.

Beberapa macam beras memiliki indeks glikemik yang lebih rendah di banding type beras yang lain. Menjadi pilihan yang lebih sehat dari nasi putih, Anda dapat memakai beras merah (nilai IG 50) atau beras Basmati (nilai IG 63). Kedua-duanya termasuk juga dalam kelompok glikemik tengah yang lebih aman untuk gula darah. Berdasar pada studi beberapa periset di Harvard, konsumsi nasi merah dengan teratur menolong kurangi resiko diabetes sampai 20 %.

Bubur havermut (oatmeal) juga dapat Anda buat jadi alternatif nasi sebab memiliki kandungan indeks glikemik 55 yang termasuk juga rendah. Kandungan serat oatmeal yang tinggi pun menolong perlambat laju penyerapan karbohidrat pada tubuh. Perihal ini pasti memberikan dampak yang menguntungkan dalam pengendalian kandungan gula darah.

Diluar itu, ubi jalar dapat Anda mengkonsumsi menjadi alternatif kentang yang lebih sehat sebab mempunyai nilai IG 70. Ubi jalar baik untuk dikonsumsi sebab memiliki kandungan beta carotene yang baik untuk menahan beberapa jenis penyakit. Ubi jalar pun memiliki kandungan serat yang semakin banyak dibanding kentang, hingga konsumsi ubi jalar akan tidak meningkatkan level gula darah Anda dengan tidak diduga.

Itu barusan beberapa sumber karbohidrat yang bisa dikonsumsi oleh beberapa pasien diabetes. Jadi, ingin pilih yang manakah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *